Senin, 31 Agustus 2009

Lagu terang bulan

ini informasi masih tentang ulah negara malaysia yang berulah memang dari dahulu.kalau anda tidak percaya in data-data dari media
Ahli Waris 'Pencipta' Lagu Terang Bulan Cek ke Lokananta
Muchus Budi R. - detikNews


dok detikcom
Solo - Seseorang yang mengaku sebagai ahli waris pencipta lagu 'Terang Bulan' menghubungi Perum Lokananta di Solo. Kepada pihak Lokananta dia mengaku sebagai ahli waris dari Syamsul Bachri, yang disebutnya sebagai pencipta lagu Terang Bulan.

Kepala Lokananta Solo, Ruktiningsih, mengaku, tadi pagi salah seorang stafnya menerima telepon dari seseorang yang mengaku berada di Jakarta. Penelepon itu mengaku sebagai ahli waris dari Syamsul Bachri yang disebutnya sebagai pencipta lagu Terang Bulan.

"Si penelepon itu menanyakan kebenaran berita bahwa Lokananta menyimpan rekaman lagu tersebut. Staf kami menjawab memang ada dan dipersilakan datang jika memang berkepentingan," papar Ruktiningsih, Senin (31/8/2009).

Orang tersebut, kata Rukti, mengatakan akan datang ke Lokananta Solo untuk meyakinkan keberadaan rekaman tersebut. Namun orang tersebut belum memastikan waktu kedatangannya ke Solo."Siapapun yang datang akan kami terima. Perihal klaim sebagai ahli waris pencipta, bukan urusan kami. Tugas kami hanya mendokumentasi. Jika nantinya orang itu mampu menunjukkan bukti penciptaan ya berarti memang lagu itu ciptaan Pak Syamsul Bachri seperti yang dikatakannya," lanjut Ruktiningsih.

Ruktiningsih mengakui bahwa hingga saat ini dalam daftar lagu-lagu koleksi Lokananta, untuk lagu Terang Bulan memang sangat minim data. Tidak disebutkan nama pencipta, tahun penciptaan, daerah asal, maupun siapa penyanyinya.

Dalam arsip Lokananta hanya tertulis Terang Bulan sebagai lagu hiburan jenis keroncong berdurasi 11 menit 15 detik. Direkam di RRI Jakarta tahun 1956 dan dipindahkan ke piringan hitam di Lokananta pada 16 Maret 1965. Penyanyinya hanya ditulis sebagai Ensamble Bandung.

(mbr/djo)

baca juga berita terkait
Malaysia Ultah di Tengah Tuduhan Menjiplak Lagu Kebangsaan

Permadi Desak Pemerintah Putus Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

Malaysia Berniat Jadi Induk Budaya Melayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF