Jumat, 23 Oktober 2009

Apakah semua perempuan berisiko untuk mendapatkan kanker payudara ?

Semua perempuan berisiko untuk mendapatkan kanker payudara. Ketika anda beranjak tua, risiko Anda meningkat. Dengan asumsi Anda hidup sampai usia 90, risiko Anda terkena kanker payudara selama hidup Anda adalah sekitar 14%. Bahwa mungkin terdengar menakutkan, karena itu berarti bahwa rata-rata sekitar satu dari setiap tujuh wanita akan mendapatkan kanker payudara selama 90 tahun hidup.
Anda juga dapat melihat dengan cara lain: A 14% risiko yang berarti ada 86% peluang bahwa Anda akan tidak mendapatkan kanker payudara.
Berapa banyak faktor risiko dan pencegahan perubahan faktor risiko Anda?
Mengetahui faktor-faktor apa yang dapat meningkatkan atau mengurangi risiko untuk kanker payudara adalah penting. Tetapi Anda mungkin ingin tahu saja perubahan faktor-faktor risiko Anda.

Jika Anda mendengar bahwa pengobatan tertentu dapat mengurangi risiko sebesar 40%, apa artinya?
Untuk memahami apa maksud angka-angka tentang anda risiko untuk kanker payudara, istilah kunci untuk mengetahui adalah relatif risiko dan risiko absolut.
Risiko relatif adalah jumlah yang memberitahu Anda berapa banyak sesuatu yang Anda lakukan, seperti mengambil pil, dapat mengubah risiko, dibandingkan dengan risiko Anda tanpa mengambil pil itu. Risiko relatif dapat dinyatakan dalam persentase dan dalam "bahaya rasio."
Jika Anda melakukan hal yang baru, rasio hazard Anda adalah 1,0-ini berarti bahwa risiko Anda tidak berubah. Jika Anda melakukan sesuatu dan resiko anda berkurang setengah, atau turun ke 0.5, maka anda separuh cenderung memiliki risiko. Tetapi jika risiko Anda naik, 1,0-1,88, maka Anda adalah 88% lebih mungkin menghadapi risiko. Jika risiko naik menjadi 3.0, maka Anda memiliki tiga kali lipat (300%) peningkatan risiko mengalami masalah.
Risiko absolut adalah ukuran risiko Anda sendiri. Pengurangan risiko absolut adalah jumlah persentase poin oleh resiko yang Anda sendiri akan berubah jika Anda melakukan sesuatu, seperti minum pil. Ukuran pengurangan risiko absolut Anda tergantung pada apa risiko Anda adalah untuk mulai dengan.
Contoh risiko naik bagi seorang wanita tanpa sejarah kanker payudara
Merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara serta penyakit lainnya.
Anggaplah resiko kanker payudara adalah 14%. Jika Anda merokok, risiko anda meningkat sampai 32% (sekitar sepertiga risiko yang lebih tinggi). Itu berarti risiko kanker payudara dari merokok adalah 32% lebih tinggi dari 14% risiko jika Anda tidak merokok. Itu risiko relatif meningkat dari merokok.
Tapi seberapa besar bedanya 32% kenaikan benar-benar membuat bagi Anda? Untuk mengetahui perubahan risiko absolut Anda, lihat apa yang terjadi ketika Anda membuat risiko Anda naik 14% oleh ketiga:
Kalikan risiko Anda 14% dengan risiko relatif meningkat dari 32%. Anda mendapatkan 4% (14% x 32% = 4,48%, atau 4%). 4% adalah ukuran dari peningkatan risiko.
Tambahkan 4% meningkat menjadi 14% risiko Anda mulai dengan, dan akhirnya Anda dengan 18% risiko (14% + 4% = 18%),
Itu berarti risiko absolut Anda untuk kanker payudara adalah 18% jika anda tidak memiliki riwayat penyakit dan Anda merokok.
Contoh risiko akan turun untuk seorang wanita dengan sejarah kanker payudara
Misalkan anda telah menderita kanker payudara dan lumpectomy dengan margin yang jelas (tidak berarti kanker yang ditemukan antara tumor dan tepi jaringan sekitarnya yang dihapus bersama dengan itu).
Setelah lumpectomy dengan margin yang jelas, risiko kanker payudara kembali payudara yang sama adalah sekitar 30%. Tetapi jika Anda memilih untuk memiliki terapi radiasi setelah lumpectomy Anda, Anda dapat mengurangi resiko kanker kembali oleh dua pertiga atau 66%. Ini adalah risiko relatif menurun.
Tapi berapa banyak perbedaan apakah radiasi's 66% drop benar-benar membuat? Untuk mengetahui perubahan risiko absolut Anda, ambil dua-pertiga dari risiko Anda 30%:
Kalikan risiko kanker kembali (30%) dengan penurunan risiko relatif dari terapi radiasi (66%), dan Anda mendapatkan penurunan sebesar 20% (30% x 66% = 19,80% atau 20%).
Untuk mengetahui sisa anda risiko kekambuhan setelah radiasi, kurangi 20% dari 30% risiko kekambuhan yang Anda mulai dengan (30% - 20% = 10%). Jadi risiko absolut dari kanker kembali turun hingga 10% jika Anda memiliki terapi radiasi.
Sekarang, setelah lumpectomy dan radiasi, apakah ada sesuatu yang lain yang bisa Anda lakukan untuk merobohkan 10% risiko lebih lanjut? Anda juga dapat memilih untuk mengambil terapi hormonal (misalnya, tamoxifen atau penghambat aromatase) selama lima tahun. Jika Anda melakukannya, Anda dapat mengurangi risiko Anda oleh orang lain 50%. Dengan mengambil terapi hormon selama lima tahun, relatif Anda menurunkan resiko kanker kembali di payudara yang sama dengan setengah atau 50%. Untuk melihat bagaimana perbedaan besar membuat terapi hormonal dalam risiko absolut, ambil setengah dari risiko Anda:
Kalikan risiko Anda dengan penurunan risiko relatif dari tamoxifen (10% x 50% = 5%).
Lalu kurangi bahwa 5% dari risiko (10% -5% = 5%).
Sekarang anda risiko absolut dari kanker kembali adalah 5%. Jadi dengan memiliki terapi radiasi dan menerima terapi hormon selama lima tahun, Anda telah mengurangi risiko kanker payudara berulang dari 30% sampai 5%.
Mengetahui seberapa besar risiko kanker payudara Anda berubah dengan perubahan gaya hidup dan pilihan pengobatan dapat membantu Anda dan dokter Anda membuat keputusan terbaik untuk ANDA.



1 komentar:

Google translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF